× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Adidas Membuat Lapangan Sepakbola dari 1,8 Juta Limbah Botol Plastik

By Redaksi
Lapangan Sintetis Adidas yang Terbuat dari Limbah Botol Plastik. Foto : Adidas

MajalahCSR.id – Siapa yang tak kenal raksasa outfit dan apparel olahraga, Adidas? Belum lama ini, perusahaan peralatan olahraga tersebut membuat terobosan dengan membangun lapangan sepakbola yang tak biasa. Terbuat dari plastik daur ulang, lapangan sintetis ini menegaskan dukungan serius Adidas pada penanganan masalah limbah plastik.   

Lapangan ini berada di sekolah menengah Miami Edison, yang lokasinya di kota Miami, Amerika Serikat. Bahan baku lapangan berasal dari 1,8 juta sampah botol plastik yang dikumpulkan dari pulau terpencil, pantai, dan warga pesisir. Total berat limbah plastik yang terkumpul dikatakan mencapai 40.000 pons atau sekira 20 ton.

James Carnes, Strategi Brand Global Adidas menjelaskan, lapangan tersebut memang berbahankan sampah botol plastik yang diambil dari wilayah pantai laut. Tentu saja tujuannya untuk mencegah laut tercemar oleh keberadaan limbah botol plastik.

Lapangan rumput artifisial, sembilan puluh persennya berasal dari bahan buatan berbentuk butiran. Karet biasanya menjadi pilihan yang popular untuk membangun lapangan olahraga buatan. Alasannya, bahan ini memiliki daya membal yang baik untuk bola. Namun, Adidas justru memakai bahan plastik daur ulang untuk permukaan rumput lapangannya. Bahan plastik menjadikn lapangan mudah dibersihkan dan dirawat sebelum digunakan.

Di samping itu, bahan dimaksud juga berpengaruh terhadap performa, penggunaan yang mudah, dan keamanan situasi di lapangan. Pasalnya, menyebabkan bantalan yang melindungi traksi kaki pemain saat mereka terjatuh, atau terpeleset.

“Kami percaya, melalui olahraga, kami punya kemampuan mengubah hidup. Lapangan ini memperlihatkan aksi (kami) soal kepercayaan tersebut. Lebih dari sekedar fasilitas latihan bagi para atlet muda, ini mengingatkan terhadap kesadaran kolektif untuk bertanggung jawab mengakhiri limbah plastik (yang mengancam lingkungan),” ujar Cameron Collins, direktur departemen sepakola Adidas untuk Amerika Utara.

Miami Edison High School memang dikenal sebagai penghasil atlet berprestasi olahraga football (sepakbola ala Amerika) yang berlaga di kompetisi bergengsi NFL. Sebut saja diantaranya Chad Johnson, Devonta Freeman, Amari Cooper, T.Y, Hilton, dan Antonio Brown.

 

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]