banner
Dok. BAZNAS
Berita

Ada ATM Beras?

2569 views

Jakarta – Majalahcsr. Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-72, Lotte Mart mengadakan kegiatan penyaluran bantuan beras hasil donasi pelanggannya. Donasi itu didistribusikan kepada para penerima manfaat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Zakat Nasional BAZNAS Mohd. Nasir Tajang menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memberikan perhatian yang besar terhadap kondisi rawan pangan yang masih terjadi di negeri ini. Sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan melalui pemberian bantuan beras bagi penerima manfaat.

“Ini patut kita apresiasi dan syukuri. Karena Lotte Mart sebagai salah satu perusahaan multinasional memercayakan penyalurannya bantuan melalui BAZNAS,” ujar Nasir di Kantor BAZNAS, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (16/10).

Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober, lanjut dia, diperingati oleh setiap negara yang pada tahun ini mengangkat tema “Diversifikasi Pangan Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan”. Penetapan tema ini didasarkan pada tujuan Hari Pangan Sedunia yakni menggugah kesadaran, meningkatkan motivasi dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pangan sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia.

Dok. BAZNAS

Selain itu, tambah Nasir, menggalang kerja sama dan keterlibatan seluruh pihak terkait atau stakeholders untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan ketahanan pangan. “Tujuan lainnya adalah mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA),” jelasnya.

ATM Beras

Di tempat yang sama, Direktur Pemasaran PT. Lotte Mart Indonesia Evi Lionawan menambahkan, Lotte Mart menggandeng BAZNAS bekerja sama menggalang donasi pelanggan sejak 8 September 2017 lalu di 17 titik Lotte Mart se-Indonesia. Penghimpunan donasi dilakukan dengan mengerahkan para kasir berkampanye kepada pelanggan Lotte Mart agar menyumbang untuk program bantuan beras bagi masyarakat tak mampu.
“Kemudian pelanggan akan memberikan sejumlah dana kepada kasir untuk dimasukkan sebagai donasi,” ujarnya.

Evi memaparkan, BAZNAS dan Lotte Mart secara simbolis menyerahkan kartu ATM beras kepada lima orang perwakilan masyarakat penerima manfaat. Selanjutnya, Lotte melakukan simulasi dan pelatihan proses pengambilan beras menggunakan ATM beras oleh penerima manfaat. Agar mereka lancar, terbiasa dan tidak canggung melakukannya.

Dok. BAZNAS

Dok. BAZNAS


Sebagai informasi, BAZNAS telah berinovasi dalam memudahkan pelayanan kaum dhuafa. Yakni dengan menyediakan pelayanan Anjungan Terima Mandiri (ATM) Beras untuk membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan dasar mereka.

Layaknya mengambil uang dari ATM, masyarakat miskin yang telah diverifikasi dapat mengambil beras secara cuma-cuma dengan menggunakan kartu peserta. Program ini merupakan inovasi BAZNAS dalam memberikan kemudahan pelayanan masyarakat miskin.

Mesin yang digunakan merupakan karya anak bangsa, seorang lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB). Dengan mesin ini, masyarakat miskin akan lebih mudah mendapatkan bantuan beras dari titik-titik lokasi ATM Beras.

banner