× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Gasing Yohanes Surya untuk Jago Matematika Dari YPA-MDR

By Redaksi
Peserta Gasing batch 1

Tangerang – Majalahcsr. Nowo dengan cepat menghitung perkalian 25×5, 7×9, tidak sampai 2 detik. Padahal Nowo baru menginjak sekolah dasar (SD) tingkat 4 (kelas 4) dengan predikat tidak pintar, juga bersekolah yang statusnya pra sejahtera di Bantul Yogyakarta.

Hernowo Wahyu Prabowo dari SDN Jigudan merupakan salah satu peserta Pelatihan Matematika Metode Gasing (Gampang, Asik dan Menyenangkan) batch 1, guru dan murid binaan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) tingkat SD. Pelatihan yang dilakukan selama dua bulan yaitu Maret dan April 2017 ini diselenggarakan oleh Astra melalui YPA-MDR bekerjasama dengan Prof. Yohanes Surya beserta tim.

Prof Yohanes bercerita bahwa awalnya anak-anak datang dengan tidak percaya diri. Bahkan saat dirinya meminta anak tersebut untuk bilang ‘saya hebat’ pun mereka tidak mau. Mereka tetap berpikiran bahwa mereka bodoh.

Setelah berkali-kali, anak tersebut baru mau mengucapkan ‘saya hebat’. Dampaknya luar biasa, anak tersebut pun terlihat lebih percaya diri sehingga dia mau mendengarkan apa yang diajarkan oleh Prof Surya.

Metode belajar Gasing besutan Prof Yo ini memang tidak hanya mengajarkan mengenai cara mengerjakan soal, tetapi juga memotivasi anak-anak juga guru. Setelah mereka termotivasi, kemudian diajarkan step by step cara mengerjakan soal matematika yang biasanya dianggap sebagai suatu pelajaran yang menakutkan.

Dengan metode Gasing ini, anak-anak diajarkan cara belajar matematika yang gampang. Mencongak (penjumlahan, perkalian dan pengurangan yang dihitung dengan membayangkan)  juga harus bisa, “Kalau masih ditulis berarti belum bisa, jadi seperti mesin menghitungnya,” ujar Prof Yohanes di sela-sela penutupan pelatihan jum’at (5/5).

Setelah gampang, cara kedua harus asyik, alasannya kalau cara belajarnya gampang otomatis anak-akan asyik belajar. Terakhir adalah menyenangkan, anak harus merasa senang, jadi anak-anak akan termotivasi.

Ani Solikhah, S.Pd dan Hernowo Wahyu Prabowo – SDN Jigudan, Bantul – DI.Yogyakarta

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]