× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

9 Tips Dekorasi Rumah Modern dan Ramah Lingkungan

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Merawat lingkungan Anda dan merancang rumah Anda sesuai dengan selera Anda dan tren modern tidak selalu mudah, tetapi itu mungkin. Tidak perlu merombak habis-habisan bentuk rumah anda agar terlihat modern, dengan memilih dekorasi ramah lingkungan yang sedang tren saat ini bisa menjadi lebih mudah.

Ada beberapa saran yang bisa anda aplikasikan berikut ini seperti yang dilansir oleh Ecofriend.org;

  1. Hiasi Rumah dengan Tanaman

Tanaman menjadi pilihan desain yang banyak disukai dan ramah lingkungan. Selain bisa menyaring udara kotor, tanaman juga bisa meningkatkan kualitas udara meskipun sedikit.

Berbagai jenis tanaman bisa menjadi pilihan bagi anda. Jika tidak terlalu suka merawat tanaman, maka ada alternatif seperti bunga lili dan bambu yang bisa dengan mudah tumbuh tanpa banyak menyita waktu untuk merawatnya.

  1. Rekrut Desainer Interior

Tidak selalu mudah bagi orang yang tidak terlatih untuk memilih dekorasi yang baik bagi lingkungan, jadi pekerjakan seorang profesional. Seorang desainer interior dapat melihat setiap ruang dan mengidentifikasi area perbaikan menggunakan desain ramah lingkungan.

Anda bahkan dapat menyewa seseorang yang berspesialisasi dalam desain ini. Sebagian besar akan bekerja sesuai anggaran Anda, jadi pilihlah desainer yang Anda yakini akan membantu menciptakan desain ramah lingkungan yang Anda idam-idamkan.

  1. Biarkan Sinar Matahari Menyinari Ruang

Cahaya alami adalah elemen desain yang fantastis, dan ini akan membantu Anda menghemat listrik. Kamar-kamar dengan jendela besar, pintu kaca, dan skylight memaksimalkan cahaya siang hari sehingga Anda dapat mematikan lampu dan mengurangi emisi untuk rumah Anda.

  1. Gunakan Penutup Jendela untuk Hari Panas

Namun, cahaya alami tidak selalu menjadi teman Anda. Terkadang, sangat panas di luar dan matahari bersinar langsung di jendela Anda dapat menaikkan suhu interior beberapa derajat dengan mudah. Ini menyebabkan AC Anda bekerja lembur untuk mendinginkan rumah, dan membuat anggaran bengkak.

Pakailah penutup jendela yang mudah dibuka dan ditutup yang disesuaikan dengan dekorasi rumah. Jangan lupa untuk memilih penutup yang gelapagar efektif menahan cahaya matahari.

  1. Pasang Lantai Bambu

Lantai bambu adalah jenis yang banyak disukai saat ini. Selain menarik dan tahan lama, lantai bambu akan mempercantik ruangan.

Bahan baku berupa bambu pun bisa dengan mudah didapatkan mengingat masa tumbuhnya juga relative singkat yaitu empat sampai enam tahun saja, berbeda dengan pohon yang bisa memakan waktu 20-50 tahun.

  1. Reuse atau Repurpose Items

Limbah adalah penyumbang utama polusi tanah dan air. Setiap tahun, orang Amerika menghasilkan lebih dari 255 juta ton sampah dan kompos yang mengisi tempat pembuangan sampah dan berkontribusi terhadap masalah lingkungan yang serius.

Daripada membuang barang usang Anda, gunakan kembali atau gunakan kembali. Kursi dapat dirapikan kembali, furnitur dapat dicat dan bingkai foto yang tertekan dapat diubah menjadi karangan bunga, dan pusat hiburan dapat diubah menjadi bangku. Anda akan mempelajari keterampilan baru dan mengurangi pemborosan.

  1. Belanja Lokal

Sangat menggoda untuk membeli item dekorasi Anda dari toko-toko kotak besar yang harganya lebih terjangkau, tetapi jika Anda benar-benar berpikir mengenai lingkungan, Anda akan berbelanja buatan lokal. Dekorasi dan perabotan buatan lokal bisa lebih cepat didapatkan dan ini membantu perekonomian Anda.

Anda akan kagum dengan kualitas dekorasi dan perabotan yang dapat Anda temukan di area lokal Anda. Anda akan menemukan barang-barang unik yang dibuat oleh pengrajin lokal yang sempurna untuk dekorasi Anda.

  1. Beli Bahan Ramah Lingkungan

Pembuat kain dan furnitur sering kurang memperhatikan lingkungan. Mereka akan menuangkan pewarna dan polutan ke sungai dan sistem air, dan bahan kimia yang mereka gunakan sering beracun. Limbah mereka akan memenuhi tempat sampah dan berkontribusi pada emisi berbahaya.

Furnitur dan perlengkapan dapat dibuat dari bahan daur ulang atau terbarukan, yang akan mengurangi pencemaran lingkungan. Cari juga cat alami yang terbuat dari tanaman dan alternatif non-toksik lainnya.

  1. Perbaiki Draf

Apakah rumah Anda berangin? Rumah kehilangan banyak pemanasan dan pendinginan melalui celah di bawah pintu, jendela yang tidak disegel dengan benar, dan dinding yang perlu diganti.

Saat tagihan listrik naik, inilah saatnya untuk melakukan pembaruan yang sangat dibutuhkan pada dinding, jendela, dan pintu Anda.

Keywords: , ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]