× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Lagi, Bank DBS Indonesia Gelar SE Bootcamp 2019 untuk Wirausaha Sosial dan UMKM

By Redaksi
Social Enterprise Bootcamp 2019 - Bank DBS Indonesia

Berdasarkan hasil studi British Council dalam Developing an Inclusive and Creative Economy – The State of Social Enterprise in Indonesia, wirausaha sosial di Indonesia tumbuh dan meningkat siginifikan dalam lima tahun terakhir. Jumlah wirausaha sosial baru meningkat lima kali lebih besar dibandingkan lima tahun sebelumnya. Data tersebut juga menyatakan bahwa keuangan dan pendanaan adalah tantangan utama bagi wirausaha sosial. Hal tersebut meliputi kurangnya akses ke modal dan dana hibah, serta dukungan dalam menemukan pendanaan yang sesuai dengan bisnis berdasarkan kondisi wirausaha sosial saat ini.

Social Enterprise Bootcamp 2019 – Bank DBS Indonesia

Melihat hal tersebut, Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation kembali menghadirkan program Social Enterprise (SE) Bootcamp 2019, suatu program akselerasi untuk para pebisnis muda Indonesia yang berfokus pada penyelesaian masalah sosial melalui inovasi bisnis. Program yang merupakan bagian dari misi ‘Championing Social Entrepreneurs in Indonesia’ oleh DBS Foundation ini diharapkan dapat membantu para wirausaha sosial dalam mempercepat pertumbuhan bisnis dan meningkatkan dampak sosial dari bisnis mereka.

Social Enterprise Bootcamp 2019 – Bank DBS Indonesia

Executive Director, Head of Group Strategic and Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika menuturkan, tahun ini DBS kembali menyelenggarakan SE Bootcamp 2019 dengan membangun kurikulum yang menitikberatkan pada pengelolaan keuangan.

“Kami melihat banyaknya wirausaha sosial yang bermunculan tetapi sayangnya tidak banyak dari mereka yang dapat bertahan. Para wirausaha sosial harus dapat menyeimbangkan antara keuntungan bisnis dan dampak sosial yang dihasilkan. Melalui program ini, kami ingin membantu para wirausaha sosial dalam menyehatkan kondisi keuangan dan menciptakan keseimbangan dalam bisnis mereka,” papar Mona.  

Social Enterprise Bootcamp 2019 – Bank DBS Indonesia

Para wirausaha sosial yang ingin berpartisipasi pada program SE Bootcamp 2019 dapat menyerahkan proposal (pitch deck) sebagai syarat pendaftaran pada program ini. Proposal yang diajukan dapat berupa bisnis yang baru dibangun atau telah berjalan hingga lima tahun. Tahun ini, SE Bootcamp 2019 tidak hanya menerima wirausaha sosial, tetapi juga usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia yang ingin mengoptimalkan dampak sosialnya dan beralih menjadi wirausaha sosial.

Pendaftaran SE Bootcamp tahun ini dibuka mulai 16 September 2019 sampai dengan 15 Oktober 2019. Para peserta dapat mengakses tautan go.dbs.com/sebootcamp2019 untuk mengetahui lebih lanjut tentang program SE Bootcamp 2019.

Program SE Bootcamp 2019 yang bertajuk ‘Strategic Finance for Scaling Up Impact’ tahun ini bekerja sama dengan Instellar, sebuah perusahaan yang mendukung wirausaha sosial untuk mengembangkan dan meningkatkan dampak bisnis mereka dengan akselerasi inovasi sosial.

Di akhir program selama 4 bulan, dua wirausaha sosial dengan penampilan terbaik selama program ini berkesempatan mendapatkan DBS Foundation – Instellar Social Impact Prize senilai total SGD 20.000.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]