× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

Sekolah Dampingan Amatil Indonesia, SDN 05 Sukadanau Bekasi, Raih Sekolah Berbudaya Lingkungan

By Redaksi
Pendampingan CCAI - SDN Sukadanau 05 Bekasi Raih Sekolah Berbudaya dan Lingkungan Kabupaten Bekasi

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sukadanau 05, Kecamatan Cikarang Barat, berhasil meraih juara pertama, Lomba Sekolah Berbudaya Lingkungan tingkat Kabupaten Bekasi. Hal tersebut disampaikan langsung di Rapat Paripurna DPRD dalam rangka peringatan HUT ke-69 Kabupaten Bekasi, di Kantor DPRD Kabupaten Bekasi, Kamis (15/8) lalu.

Keberhasilan SDN Sukadanau 05 menjuarai lomba didapat setelah mampu menjadi yang terbaik di antara 23 sekolah tingkat dasar yang ada di Kabupaten Bekasi. Setelah melalui proses verifikasi yang cukup ketat, akhirnya diputuskan SDN Sukadanau 05 menjadi Sekolah Berbudaya Lingkungan terbaik se-Kabupaten Bekasi.

Pencapaian ini tidak terlepas dari peran aktif Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI), sebagai perusahaan yang mendampingi SDN Sukadanau 05 menjadi sekolah berbasis lingkungan sejak tahun 2017. Langkah yang dilakukan CCAI dalam hal pendampingan ini didasari oleh kesadaran akan terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, baik guru, karyawan sekolah, dan pelajar, untuk bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Menurut Kepala SDN Sukadanau 05 Cikarang Barat, Erni Sugiarni,  warga SDN Sukadanau 05 sangat mengapresiasi langkah CCAI sebagai perusahaan yang sangat peduli terhadap pendidikan lingkungan sejak dini bagi pelajarnya.

“Pendampingan Adiwiyata bukan hanya sekedar agar kami memahami pembelajaran lingkungan, mencintai lingkungan dari belajar menanam pohon obat keluarga, kami juga mendapatkan fasilitas pemilahan sampah berdasarkan jenisnya, fasilitas cuci tangan dan toilet yang memadai,”ucapnya di sela penerimaan penghargaan.

Sejak Oktober 2017, bersama dengan CCAI, warga SDN Sukadanau 05 yang terdiri dari sekitar 600 pelajar dan 21 guru dan karyawan sekolah bersama-sama melakukan kegiatan yang berpedoman pada Sekolah Berbudaya Lingkungan (tingkat Provinsi/Nasional disebut Sekolah Adiwiyata). Kegiatan pendampingan sendiri menerapkan prinsip Adiwiyata; edukatif, partisipatif, berkelanjutan.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]