× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

8 Resolusi Untuk Peduli Lingkungan 2020

By Redaksi
Resolusi 2020. Foto : Inbahitat

Sudah punya resolusi pribadi untuk rencana target tahun 2020? Karier, keuangan, atau bahkan resolusi untuk keluarga tercinta?

Tapi jangan lupa untuk resolusi yang berdampak pada lingkungan juga perlu dibuat. Banjir yang menimpa Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, di akhir 2019 dan awal 2020  adalah fakta nyata bahwa urusan lingkungan perlu juga mendapat perhatian. Setidaknya perhatian dan kepedulian itu dibangun dari diri sendiri dahulu.

Seperti dilansir dari inhabitat, di bawah ini ada 8 resolusi yang mungkin jadi inspirasi anda untuk peduli pada lingkungan di tahun 2020.

Komitmen Bertransportasi Publik

Mengurangi pemakaian kendaraan pribadi berarti menurunkan emisi karbon. Memanfaatkan transportasi publik adalah pilihan terbaik untuk turut mengurangi dampak buruk emisi. Bisa dibayangkan dampaknya jika satu hari saja dalam satu minggu kebiasaan berkendaraan pribadi ke kantor atau sekolah beralih ke transportasi publik . Dalam setahun kontribusi untuk penurunan emisi cukup signifikan. Lebih sempurna lagi jika beralih ke transportasi non bahan bakar seperti sepeda.

Bike to Work. Foto : Getty Images

Kalau pun sangat mendesak, kendaraan pribadi bertenaga listrik boleh jadi alternatif terakhir mengingat di Indonesia harga unitnya masih sangat mahal. Selain itu minimnya stasiun pengisian ulang tenaga listrik juga jadi persoalan. Tindakan lain yang bisa dilakukan adalah memilih tempat makan siang yang bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Sehat bagi tubuh dan juga sehat bagi lingkungan.

Berkebun

Aktivitas berkebun tak cuma menyalurkan hobi, melainkan berdampak positif pada lingkungan.  Menanam beragam sayuran atau bunga di halaman rumah, selain bermanfaat, ada “dampak bawaan” lain yang juga tak kalah positif. Banyak cara untuk berkebun di halaman rumah termasuk halaman yag sempit. Memanfaatkan pot bunga yang ditaruh di bawah atau pot gantung bisajadi alternatif. Untuk lahan yang sempit, bisa menanam tomat cherry, atau tanaman  “herb”seperti daun basil, daun ketumbar, daun oregano, daun seledri, peterseli, dan lain-lain. Selain itu menanam kacang-kacangan jugabis menjadi pilihan lainnya.

Berkebun. Foto : Getty Images

Bergabung dengan Grup Peduli Lingkungan

Akan lebih menyenangkan bila ada yang sependapat dengan kepedulian kita pada lingkungan. Teknologi di jaman sekarang memungkinkan siapapun utuk berinteraksi tanpa tatap muka langsung. Tak heran muncullah beragam grup di aplikasi pertemanan dengan interest yang berbeda. Salah satunya boleh jadi grup yang peduli isu lingkungan. Dengan bergabung di grup tersebut, kepedulian kita pada lingkungan akan menguat bila bergaul dengan rekan-rekan yang satu ide.

Berhemat demi Lingkungan

Setiap hari kita selalu digempur aneka promosi barang atau produk. Billboard, leaflet, iklan televisi, radio, mengepung dari mana-mana. Tapi ingat, setiap produk barang sejatinya meninggalkan jejak emisi. Mulai dari bahan baku, proses produksi, distribusi, penyimpanan di gudang, proses penjualan, sampai pasca konsumsi. Selain menghindari konsumsi plastik sebagai pembungkus, lebih bijaksana juga bila kita membatasi pembelian barang yang hanya dibutuhkan saja, sehingga bisa menekan dampak emisi yang terjadi. Memilih barang yang punya rentang usia pemakaian yang panjang, juga perilaku lain yang sangat mendukung penyelamatan lingkungan. Menyewa barang alih-alih membeli juga adalah sikap yang bijaksana sebagai konsumen.     

Memburu Ilmu

Ada banyak cara megurangi jejek karbon. Bila kurang paham, bisa mempelajarinya melalui beragam literatur mulai dari soal cara menabung stok makanan secukupnya, menjahit, berkebun atau sdikit lebih rumit, bagaimana cara membuat panel surya sederhana sebagai sumber energi. Intinya ilmu yangbisa dipraktikkan sendiri di rumah yang sejalan dengan upaya mengurangi beban emisi lingkungan.   

Mengurangi Sampah

Tindakan lain adalah mengurangi produksi sampah. Anda bisa menghitung sampah yang dihasilkan per minggunya. Sampah-sampah plastik (botol minuman, tas kresek) bisa anda berikan pada pihak yang biasa mendaur ulang sampah tersebut. Demikian juga pada sampah-sampah lain seperti kaleng dan kertas. Sehingga sampah tersebut bisa kembali dimanfaatkan tanpa mencemari lingkungan sekitar.

Anda juga bisa membeli barang dari perusahaan yang memakai bahan-bahan daur ulang, baik itu barangnya maupun kemasannya.

Daur Ulang Plastik. Foto: Istimewa

Menulis Surat

Upaya lain yang sederhana adalah melakukan feedback terhadap produsen yang produknya anda beli. Anda bisa mengomentari atau memberikan masukan terkait kepedulian anda membeli barang atau produk yang pro lingkungan. Feedback semacam ini lambat laun akan menjadikan produsen mengikuti keinginan konsumen mereka. Selain tentu membuat kegiatan perusahaan jadi lebih peduli dan bertanggung jawab pada lingkungan.  

Peduli pada Sumber  Makanan

Mencukupi kebutuhan makan populasi manusia di bumi tentu sangat membebani sumber daya yang demikian terbatas. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan mengatasi masalah ini. Mengutamakan produk lokal hasil pertanian lokal dan mendukung pertanian dan pekebunan organik dibanding pestisida adalah salah satu upayanya.

Foto : Istimewa

Mengurangi konsumsi produk hewani (daging dan susu) bisa dijadikan resolusi di tahun ini. Bagaimanapun, kegiatan peternakan adalah salah satu penghasil metan terbesar di dunia yang memperparah emisi. Dengan membeli produk makanan sesuai kebutuhan (bukan keinginan) dan menghabiskan saat di meja makan tanpa tersisa (jadi sampah), serta mengkonsumsi makanan rumah adalah hal-hal yang membantu anda mewujudkan resolusi untuk lebih sehat bagi tubuh dan lingkungan di tahun 2020.

Selamat Tahun Baru!

“Beberapa pihak menganggap (perubahan iklim) sepele. Aku tidak.” Kalimat tegas itu keluar dari mulut gadis remaja 16 tahun asal Swedia bernama Greta Thunberg. Greta adalah representasi dari sedikit remaja yang sangat peduli dengan lingkungan, terutama perubahan iklim. Suatu hari di musim panas lalu, Greta membolos dari sekolah. Greta tak sembarang membolos. Ia duduk manis di […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]