× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

8 Karakteristik Milenial Pendukung Sustainable Development Goals (SDGs) (Bagian 1)

By Redaksi
Generasi - PLOTTCREATIVE.CO.UK

Apakah anda tahu generasi berpopulasi terbesar jaman now? Kaum milenial, atau siapapun yang lahir antara tahun 1981 sampai 1996. Generasi inilah yang menempati jumlah paling besar sekarang ini dan punya sikap yang berbeda dengan generasi sebelumya. Para milenial cenderung lebih peduli pada isu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Termasuk poin yang ada dalam isu dimaksud seperti persamaan (equality), perubahan iklim (cilamte change), Perdamaian (peace), keadilan (justice), kemiskinan (poverty), dan kemakmuran (prosperity). Generasi ini punya  preferensi dan selera yang mendukung keberlanjutan dan persamaan.

Keberlanjutan dan etika bisnis adalah hal yang mendorong banyak lembaga untuk berkompromi dengan lingkungan, sosial, dan prinsip kepemerintahan seperti keragaman, keterbukaan, dan transparansi. Kaum milenial adalah yang terlibat dan bekerja dengan perusahaan yang  merangkul dan mendukung praktek keberlanjutan.

Ada 8 Karakteristik Generasi Millennial yang Mendukung SDGs

  • Peduli Sosial. Kepedulian sosial kaum milenial  adalah bagian dari kehidupan dan pekerjaan karena mereka tumbuh dalam lingkungan internet dan media sosial.  79% dari pekerja milenial adalah pihak yang loyal terhadap perusahaan yang peduli terhadap dampak sosial. Mereka percaya bahwa bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) adalah kunci untuk mengatasi kemiskinan dan memperbaiki kehidupan.  Perusahaan akan mendorong karyawannya untuk mendonasikan waktu mereka, dan beberapa perusahaan menyumbangkan 1% keuntungan mereka untuk kemanusiaan. Mereka mengekspresikan kemampuan bersosial diantara mereka melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengannya mereka mampu membagi atau menerima informasi sehingga generasi ini adalah generasi paling terhubung dibanding generasi sebelum.  
  • Berbasis Teknologi. Tiga tahun lalu, milenial mengambilalih generasi X (lahir antara 1965 – 1980) sebagai generasi yang terbesar di berbagai perusahaan di Amerika Serikat. Generasi ini dibilang unik karena cerdas dalam berselancar web, selalu ingin tahu, independen dan toleran. Kaum milenial memang tumbuh besar di “lingkungan”mesin komputer dan internet. Sebab itu, mereka mendapat kesempatan untuk mempelajari teknologi baru. Mereka bisa lihai menggunakan ponsel pintar, laptop, dan teknologi gawai lainnya untuk meningkatkan pekerjaan mereka. Mereka lah generasi yang tak terpisahkan dengan perangkat teknologi dan tak terbayangkan jika mereka hidup tanpa gawai tersebut.
  • Percampuran etnis dan optimistik. Milenial adalah generasi yang secara etnis lebih terbuka. Mereka lebih open minded karena tumbuh dalam dunia yang terkoneksi. Mereka satu sama lain terhubung menggunakan perangkat mobile dan media laman internet. Mereka sangat optimistis tentang masa depan yang berkelanjutan karena mereka lah generasi digital yang sangat percaya teknologi. Mereka mengembangkan pertemanan dengan semua ras, suku, dan jenis kelamin. Mereka tak malu mendukung keberagaman yang merupakan bagian dari kehidupan mereka.
  • Menghargai pengalaman dan Menyebarkan Nilai.  Millennials menghargai pengalaman. Laman digital dari media sosial generasi ini sarat dengan pengalaman mereka. Mulai dari traveling, bekerja dengan gadget dan berpindah tempat, berpartispasi dalam program pertukaran pelajar, bekerja di negeri orang, dan pengalaman lainnya.  Mereka juga menghabiskan uang pada produk berkelanjutan seperti bermalam pada penginapan alam. Menjadi ecotourism menjadi pilihan, karena mereka percaya bisa mengurangi jejak karbon.  

Bersambung.

Sumber:
https://www.forbes.com/sites/margueritacheng/2019/06/19/8-characteristics-of-millennials-that-support-sustainable-development-goals-sdgs/#6135138e29b7

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]