× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Lakukan CSR, Laba Bersih FIF 2016 Naik 19,9%.

By Redaksi

Jakarta – MajalahCSR. Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan berdampak nyata pada kinerja perusahaan. Salah satu contoh nyata dialami oleh PT Federal International Finance (FIFGroup).

Pada tahun 2016 perseroan berhasil meraih market share untuk segmen pembiayaan sepeda motor baru sebesar 49,8%. Pembiayaan perusahaan juga naik sebesar 13,8% menjadi Rp31,41 triliun selama tahun 2016.

Salah satu anak usaha PT Astra Internasional Tbk ini mengadaptasi kerangka Environment, Health, Safety & Social Responsibility (ESR). Mencakup dua bidang Environment, Health and Safety (EHS), yang terdiri dari pilar lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja (internal), dan Corporate Social Responsibility (CSR), yang terdiri dari pilar pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan dan lingkungan hidup.

“Program CSR ini dilakukan di setiap cabang perseroan dengan dua model kegiatan, pertama adalah langsung dari kantor pusat, dan yang kedua berdasarkan pengajuan dari cabang,” ujar Head of Corporate Communication PT FIF, Arif Reza Fahlepi rabu (22/3).

Penentuannya pun tidak sembarangan, ada identifikasi kebutuhan dari wilayah atau cabang dimana FIF berada, dan berkomunikasi dengan pihak terkait (aparat desa, atau pihak ketiga yang akan dijadikan rekanan dalam program). Setelah ditemukan program yang tepat, pihak cabang atau kantor pusat membuat proposal kegiatan yang nantinya akan disetujui manajemen, lalu diimplementasikan dan direview secara berkala.

Reza mengatakan, tidak mudah untuk mencari program yang tepat untuk suatu wilayah yang karakteristiknya berbeda-beda, agar memiliki nilai bagi kedua belah pihak. Selain itu, pada tahap pelaksanaan juga harus terus membangun komitmen agar program ini berhasil.

“CSR yang kami lakukan lebih menitikberatkan pada program yang berkelanjutan sehingga diharapkan dapat membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

Dampak dari program yang dilakukan perseroan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan semakin bertambah karena keberadaan perseroan yang bisa bersinergi dengan kepentingan masyarakat. Hal ini dapat terlihat dari kenaikan laba bersih perusahaan sebesar 19,9% menjadi Rp1,81 triliun di tahun 2016.

Keywords: ,

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]