× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

5 Cara Meningkatkan Efisiensi Energi untuk Jendela

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Mungkin sering terdengar kabar bahwa meningkatkan fungsi jendela menjadi salah satu cara untuk menghemat energi, sehingga bisa menghemat biaya rumah. Sebagian besar itu benar, bahwa mengganti jendela sepenuhnya dapat memberi keuntungan sebesar 70 persen atau lebih. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada banyak cara untuk meningkatkan fungsi jendela, dan semuanya berpotensi memberi dampak pada efisiensi energi.

Berbagai Cara “meningkatkan” Jendela

Ini adalah lima dari cara utama untuk memperbaiki jendela sehingga menjadi hemat energi, seperti yang dikutip dari ecofriend.org :

  1. Isolasi plastik sementara

Ini mungkin tidak tampak seperti upgrade besar, namun menggunakan isolasi plastik di sekitar jendela dapat memberi dampak besar pada konsumsi energy, terutama di bulan-bulan musim dingin. Hal ini sering tercantum dalam tip hemat energi dari organisasi profesional.

Isolasi plastik ini berharga antara $ 10 dan $ 30, dan tersedia di sebagian besar toko perangkat keras. Isolasi ini mudah untuk diaplikasikan sendiri, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan perbaikan, terutama jika jendela tidak rapat.

  1. Memperbaiki kebocoran dengan mendempul

Solusi yang lebih permanen adalah dengan menggunakan senapan dempul untuk memperbaiki beberapa kebocoran yang dihadapi. Jika tidak tahu di mana kebocorannya, mintalah satu orang tinggal di dalam rumah saat Anda menjelajah ke luar.

Mintalah mereka menggunakan pengering rambut di berbagai bagian jendela. Dimana ada udara panas mengalir dari jendela, disitu ada kebocoran yang perlu diperbaiki. Ini tidak akan mengurangi energi yang hilang di antara panel kaca, tapi akan menghentikan sebagian aliran udara yang keluar.

  1. Layar surya

Layar surya adalah potongan kain tipis yang bisa dipasang di bagian luar jendela dan pintu. Sementara meminimalkan pengurangan cahaya total di bagian dalam rumah, layar surya mencegah sebagian besar energi matahari (hingga 90 persen) dari yang memantul dari kaca di jendela. Di musim panas, berarti rumah tetap jauh lebih sejuk, dan akan lebih sedikit mengkonsumsi listrik untuk pendingin.

  1. Mengganti Jendela

Jika jendela berbentuk tunggal, atau udara tetap masuk bahkan setelah diperbaiki, sebaiknya jendela itu diganti. Meskipun mengeluarkan uang, namun akan membuat jendela jauh lebih baik dan kuat untuk menahan cuaca, dengan keamanan yang lebih baik juga.

  1. Mengganti Sebagian dari Jendela

Bergantung pada anggaran, selain mengganti bisa juga menganti sebagian jendela baru dengan fitur tambahan yang agar lebih efisien, seperti gas argon yang berada di antara panel. Karena argon lebih berat daripada udara, sehingga berfungsi sebagai isolator yang lebih baik, membuat jendela lebih hemat energi (dan menghalangi lebih banyak suara pada saat yang bersamaan).

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]