banner
Dok. Bisnis.com
Berita

KUR untuk Petani Bebas Jaminan

1676 views

Jakarta – Majalahcsr. Bisnis kecil yang tidak menentu penghasilannya acapkali kesulitan mendapatkan pinjaman. Padahal bisnis seperti bertani juga berpotensi mendapatkan keuntungan.

Namun kabar gembiar bagi para petani. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memutuskan untuk tidak meminta jaminan kolateral kepada para petani yang ingin mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro sektor pertanian.

Direktur Utama BRI Suprajarto menegaskan, tidak ada syarat jaminan kolateral berlaku kepada debitur yang meminjam kredit KUR mikro, dengan plafon pembiayaan maksimal Rp20 juta.

“Plafon KUR mikro BRI bisa sampai Rp20 juta. Saya jamin tidak perlu menyerahkan jaminan,” katanya, akhir pekan lalu seperti yang dikutip oleh Bisnis.com, Minggu (11/3).

Oleh karena itu, dia mengatakan jika dalam pelaksanaan di lapangan ada karyawan BRI yang meminta jaminan untuk KUR mikro agar dilaporkan. Sebab menurutnya, KUR mikro tak perlu jaminan karena sudah diasuransikan, sehingga BRI tak meminta jaminan kepada petani.

Namun demikian, Suprajarto mengatakan bahwa meskipun tanpa jaminan tetapi penyaluran KUR mikro tetap selektif. BRI tak akan memberikan KUR kepada usaha yang tak feasible.

“KUR mikro memang tanpa jaminan, tapi bukan untuk yang ecek-ecek. Ini kan uang negara,” tegasnya.

banner