× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

35.024 Anak Terima Beasiswa Dari Koperasi Astra

By Redaksi
Dok. AI

Jakarta – Majalahcsr. Inovasi dan kesejahteraan karyawan menjadi hal penting bagi Koperasi Astra Internasional. Di tengah pengembangan koperasi di Indonesia yang kini banyak menghadapi berbagai tantangan, Koperasi Astra International memberikan kontribusinya kepada bangsa melalui perluasan jangkauan penyaluran beasiswa anak-anak karyawannya.

Tahun 2018 ini Koperasi Astra kembali memberikan beasiswa dengan total Rp53,9 miliar. Mengusung tema KAI Cerdas untuk Bangsa, 35.024 anak dari para anggota yang tersebar ke 21 provinsi di Indonesia mendapatkan beasiswa bulanan.

Jangka waktu pemberian beasiswa adalah 3 bulan sekali. Sedangkan syarat penerima beasiswa adalah anak karyawan Astra dan berprestasi.

Melalui perluasan jangkauan ini, Koperasi Astra berharap dapat mendorong pengembangan koperasi di Indonesia, sehingga secara tidak langsung dapat berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Saat ini, untuk membesarkan koperasi, sedang dipikirkan kembali apakah akan berfokus untuk menggaet anggota sebanyak-banyaknya atau menambah julah iuran awal untuk memperbesar saldo awal anggota.

“Ada evaluasi apakah membesarkan jumlah anggota atau jumlah iuran yang diperbesar, karena banyak anggota pasif didalamnya,” ujar Head of Environment & CSR Astra Internasional, Riza Deliansah pada acara Pemberian Beasiswa Koperasi Astra Internasional, sabtu (29/9).

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menunjukkan jumlah koperasi di Indonesia yang kini aktif mencapai 152.714 koperasi, berkurang dari 212.570 koperasi. Meski begitu, kontribusi koperasi secara keseluruhan terhadap PDB naik menjadi 4,48% pada kuartal III tahun 2017 dari 3,99% pada periode yang sama tahun 2016 dan 1,71% pada tahun 2014.

Dok. AI

Semakin meningkatnya kontribusi koperasi terhadap PDB Indonesia sejalan dengan tren di luar negeri. Secara umum dapat dikatakan setiap dua orang penduduk di negara-negara barat, satu di antaranya adalah anggota koperasi. Bahkan di Italia, setiap tiga penduduk, dua di antaranya anggota koperasi.

Koperasi Astra International yang telah berdiri sejak tahun 1990 merupakan koperasi primer nasional dengan anggota sebanyak 82.584 per Agustus 2018 tumbuh 18,05% dari 69.954 anggota pada tahun 2014. Kini asetnya mencapai Rp 1,16 triliun per Agustus 2018, meningkat dari Rp 704,8 miliar pada tahun 2014. Jumlah pinjaman yang disalurkan kepada anggota mencapai Rp 478,9 miliar pada tahun 2017 dibandingkan dengan Rp 323,5 miliar pada tahun 2014.

Manfaatkan Teknologi Online

Proses pendaftaran dan seleksi calon penerima beasiswa saat ini semakin mudah dengan memanfaatkan teknologi online. Hal ini membuat jangkauan sebanyak 21 provinsi menjadi lebih mudah.

Bahkan beasiswa 2018 diberikan kepada 4.300 siswa, meningkat 7,5% dibandingkan penerima beasiswa tahun lalu yaitu 4.000 siswa dan tumbuh dari 2.548 siswa pada tahun 2012. Jumlah dana yang disalurkan untuk beasiswa pada tahun ini sebesar Rp7,6 miliar meningkat 19,6% dari alokasi dana beasiswa tahun lalu yaitu Rp6,4 miliar.

Pendidikan dipilih menjadi salah satu fokus Koperasi Astra karena pendidikan dianggap hal yang krusial. Riza mengatakan, pada saat ada kartu Jakarta pintar, beasiswa ini sempat dievaluasi apakah masih akan terus atau tidak. Namun ternyata hanya pendidikan yang gratis untuk pemegang kartu Jakarta pintar, seragam dan lainnya masih belum gratis, sehingga program ini dengan percaya diri dilanjutkan.

Namun demikian, bukan berarti fokus lain seperti kesehatan tidak dilakukan. Ada lokasi lain misalnya di wilayah Bekasi untuk fokus bidang kesehatan.

Pada dasarnya, di manapun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat untuk sekitarnya, sejalan dengan filosofi perusahaan Astra, butir pertama Catur Dharma, Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]