× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

3000 Anak Indonesia Tersenyum bersama 3M

By Redaksi
Siswa sekolah dasar yang berpartisipasi pada acara 3.000 Senyum Anak Indonesia di GOR Ngurah Rai, Denpasar. Dok. 3M

Denpasar – Majalahcsr. Penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Pasalnya dua hal ini menjadi vital, apalagi jika kondisinya masih muda atau bahkan anak-anak. Apalagi penyakit mulut dan gigi di Indonesia menjadi urutan ke-enam sebagai penyakit yang paling dikhawatirkan.

Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013, terdapat sebanyak 72,3 persen penduduk Indonesia mengalami karies gigi, sehingga hal tersebut menjadikan penyakit gigi dan mulut menduduki urutan pertama dengan angka prevalensi sebesar 61 persen, serta menempati posisi ke-enam sebagai penyakit paling dikhawatirkan di Indonesia. Lebih jauh lagi, Kementerian Kesehatan Indonesia juga mengumumkan bahwa 89 persen anak-anak dengan usia di bawah 12 tahun di Indonesia mengalami karies gigi.

Pemerintah pun mengadakan program “Menuju Indonesia Bebas Karies 2030”. Penyakit gigi dan mulut, terutama gigi sensitif dan karies gigi hingga saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan utama di kalangan masyarakat Indonesia.

Sesi pelepasan balon yang diwakili oleh Pemerintah Kota Denpasar, FKG Universitas Mahasaraswati, 3M Indonesia dan Cobra Dental.
Dok. 3M

3M Indonesia, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Mahasaraswati serta 300 dokter gigi dari seluruh Indonesia, hari ini mengadakan program tanggung jawab sosial  3.000 Senyum Anak Indonesia di GOR I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Program 3.000 Senyum Anak Indonesia ini diresmikan oleh Perwakilan Walikota Denpasar dan diikuti oleh lebih dari 3.000 anak sekolah dasar di wilayah Denpasar. Dalam kurun waktu dua tahun berturut-turut, program ini telah berhasil memecahkan rekor MURI dengan tajuk “Pemeriksaan Karies Gigi dan Penggunaan Fluoride Topikal pada Siswa Terbanyak”.

Rangkaian acara ini dimulai dengan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut di masing-masing sekolah sejak awal bulan Juli 2017, dan dilanjutkan dengan aplikasi fluoride topikal kepada 3.000 anak oleh 300 dokter gigi.

Business Director Health Care, Men Jung Tjoe, PT 3M Indonesia mengatakan bahwa program 3.000 Senyum Anak Indonesia merupakan bagian dari komitmen 3M untuk secara aktif berpartisipasi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik sejak usia dini. “Hal ini sejalan dengan salah satu visi perusahaan kami untuk meningkatkan kualitas hidup (3M Innovation Improving Every Life),” paparnya.

(ki-ka) Dr. drg. Dewa Made Wedagama, SpKG, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati, Ketut Puspa Ganda Susila, Business Manager Oral Care Solution, PT 3M Indonesia dan Men Jung Tjoe, Business Director Health Care PT 3M Indonesia, berfoto bersama ketika sesi konferensi pers.
Dok. 3M

Sekitar 3.000 anak dari berbagai sekolah dasar di Denpasar menghadiri acara 3.000 Senyum Anak Indonesia.
Dok. 3M

Men Jung Tjoe menegaskan, melalui program CSR ini perseroan berharap dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Indonesia melalui penggunaan produk Clinpro™ White Varnish sebagai tindakan pencegahan karies gigi. Bersama dengan 300 dokter gigi dari seluruh Indonesia, dukungan dari Pemerintah Kota Denpasar dan FKG Universitas Mahasaraswati, 3M terus berupaya melakukan edukasi kepada anak-anak berusia di bawah 12 tahun yang merupakan jumlah penderita karies tertinggi di Indonesia.”

Penyerahan rekor MURI kepada Perwakilan Pemerintah Kota Denpasar
Dok. 3M

Sashidharan Sridharan, Managing Director, PT 3M Indonesia ketika memberikan kata sambutan
Dok. 3M

Pada kesempatan yang bersamaan, Dr. drg. Dewa Made Wedagama, SpKG, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati mengungkapkan sambutan yang baik dari pihaknya atas inisiatif 3M Indonesia dalam memberikan dukungan berupa penyuluhan  kesehatan gigi dan mulut dan aplikasi fluoride topikal kepada anak-anak sekolah dasar di Denpasar. Inisiatif ini sejalan dengan dharma ke tiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat, dengan mengamalkan hasil pendidikan guna meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

“Bersama 3M, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama anak-anak, tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah karies gigi serta menyukseskan program pemerintah ‘Menuju Indonesia Bebas Karies 2030,” tuturnya.

Program 3.000 Senyum Anak Indonesia ini menjadi puncak program rangkaian 1.000 edukasi (1.000 education series), yakni sebuah program edukasi yang diadakan oleh 3M bagi para dokter gigi di Indonesia, yang meliputi kegiatan penyuluhan, simposium, hingga workshop.

Proses pengaplikasian Clinpro™ White Varnish oleh 300 dokter gigi kepada 3.000 siswa sekolah dasar
Dok. 3M

Business Manager Oral Care Solution PT 3M Indonesia, Ketut Puspa Ganda Susila, berharap bahwa dengan program 3.000 Senyum Anak Indonesia anak-anak dapat merasakan secara langsung manfaat penggunaan Clinpro™ White Varnish yang memiliki formula optimal dengan kandungan fluoride, kalsium, serta fosfat dengan rasa melon yang disukai oleh anak-anak.

Kandungan sodium fluoride dalam Clinpro™ White Varnish terbukti efektif merawat gigi sensitif, bahkan hipersensitif. Sedangkan kandungan tri-calcium phosphate mampu mengembalikan mineral gigi sekaligus memaksimalkan penyerapan fluoride pada gigi. Aplikasi Clinpro™ White Varnish sangat mudah dilakukan dan mampu melindungi kesehatan gigi hingga enam bulan.”

 

Avatar

Redaksi

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]