× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK
Workshop Sustainability Report

10 Jenis Sampah di Rumah yang Butuh Diperhatikan (Bagian 1)

By Redaksi
Ilustrasi Limbah Obat. Foto : Istimewa

Selain jenis limbah rumah tangga, ada beberapa limbah lain yang sering menimbulkan masalah. Di bawah ini ada 10 jenis sampah yang butuh penanganan lebih dari sekedar limbah rumah tangga.

Ban Bekas

Ilustrasi Ban Bekas. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/kye/17

Seperti yang dilansir dari inhabitat, roda kendaraan bermotor merupakan campuran karet dan kawat besi. Sehingga, tak dapat didaurulang tanpa dipisahkan terlebih dulu. Karena daur ulang yang rumit, bila anda warga negara maju, ada cost saat membuang roda kendaraan yang tak terpakai. Anda bisa saja membuangnya ke tempat sampah, atau bisa juga dengan memberikannya ke tempat penampungan barang bekas. Tapi, seperti yang sudah-sudah, ban bekas bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tinggal dipoles sedikit, bisa berubah menjadi pelindung pot tanaman atau pembatas bangunan.

Bola Lampu

Ilustrasi Lampu Beks. Foto : clubiyaa.com

Karena bola lampu ini ada kandungan kecil merkuri, perlu kehati-hatian dalam membuangnya. Di beberapa negara, terdapat tempat daur ulang yang bisa menerima bola lampu CFL. Toko elektronik yang besar atau toko perkakas rumah biasanya menerima bola lampu bekas. Namun itu semua tergantung dari masing-masing tempat anda berada. Di lokasi tertentu, lampu LED, lampu pijar, atau barang kaca yang sudah tak terpakai, dapat kembali didaur ulang. Atau kalau tetap merasa bingung, dapat mengunjungi situs Pinterest, siapa tahu anda mendapat ide untuk memanfaatkan bola lampu bekas. 

Battere Bekas

Ilustrasi Batere Bekas. Foto : Ecotechservices

Pilihan terbaik saat membeli batere adalah memilih batere isi ulang. Daya batere ini tentu saja bisa kembali diisi ulang tanpa perlu membeli batere baru (yang ujungnya menambah volume limbah). Di beberapa negara biasanya sudah ada fasilitas pembuangan limbah berkandungan kimia (termasuk jenis limbah B3). Di Indonesia pun di beberapa kota termasuk Jakarta, pemerintah sudah menyiapkan tempat sampah yang dipilah berdasarkan jenis sampah. Hanya sayangnya manajemen sampah di Indonesia belum sebagus yang ada di luar negeri. Untuk batere mobil atau accu  (aki), penanganannya lebih mudah, karena banyak sekali toko otomotif yang bisa menerima aki bekas pakai.

Barang Elektronik

Ilustrasi Barang Elektronik Bekas. Foto : Istimewa

Saat piranti stereo, komputer, TV, telepon seluler, rusak atau sudah tak bisa dipakai, sebaiknya tidak langsung melemparnya ke tempat sampah. Anda harus memisahkan beberapa perangkat, seperti kabel dan batere dari laptop atau remot TV. Berbeda dengan kondisi di luar negeri yang sudah punya manajemen sampah yang mumpuni, Indonesia masih belum. Hanya saja untuk limbah elektronik biasanya dapat diserahkan ke penampungan barang bekas, atau bahkan promo toko yaitu tukar tambah dengan produk elektronik baru.  

Limbah Medis

Ilustrasi Limbah Obat. Foto : Istimewa

Selain sampah elektronik, limbah medis/obat pun tak kalah bahaya. Limbah medis/obat yang kadaluarsa, terkontaminasi dan dibuang sembarangan akan diserap tanah.  Sama halnya jika dibuang melalui lubang toilet, yang berpotensi mencemari air tanah. Limbah medis/obat bersifat B3 (barang beracun dan berbahaya) dan atau infeksius.

Di negara maju, sudah ada kantor polisi yang bisa menampung limbah medis. Departemen obat-obatan (DEA) di Amerika Serikat bahkan menyelenggarakan hari penarikan obat nasional untuk obat-obat resep yang tidak habis. Sayangnya, di Indonesia masih belum ada lembaga resmi yang bisa menampung obat-obatan sisa atau limbah medis lainnya.  Namun, lembaga kesehatan seperti rumah sakit atau produsen obat sudah diwajibkan memiliki pengelolaan limbah sendiri.

Nama lengkapnya Akbar Ghifari. Biasa dipanggil Abay oleh rekan-rekannya. Mahasiswa jurusan Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2016 ini seperti kebanyakan mahasiswa lain, sehari-harinya berkuliah dan berkeinginan secepatnya lulus. Namun bila berbincang dengannya, siapapun pasti merasa kagum dengan kecerdasan laki-laki muda ini. Muda, bersemangat, penuh ide, dan bisa memimpin rekan-rekannya di Niracle. Yang disebut terakhir […]

[contact-form-7 404 "Not Found"]