× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Waspada Infeksi Di Ruang Operasi

By Redaksi
Dok. J&J

Jakarta  – Majalahcsr. Sebagai kelanjutan dari rangkaian SSI Roadshow, PT Johnson & Johnson Indonesia kembali mengadakan simposium untuk meningkatkan pengetahuan mengenai SSI di kalangan tenaga kesehatan dengan tema “The Journey of Developing Awareness of SSI Prevention to Improve Better Patient Outcome”. Rangkaian acara dari simposium ini adalah pembahasan oleh narasumber seputar pentingnya kondisi lingkungan dalam menjalankan operasi, tahap prosedur dalam pembedahan guna mencegah SSI hingga surgical bundle.

Setiap peserta dibagi dalam beberapa kelompok, dimana setiap kelompok diminta untuk menganalisa tentang apa faktor penyebab terjadinya SSI di praktek mereka sehari-hari dan bagaimana cara mereka untuk mengatasi faktor penyebab tersebut.

Peserta diminta mengenali tantangan-tantangan apa yang mereka hadapi dalam praktek sehari-hari saat aplikasi pengendalian infeksi ini dilakukan. Dan melalui sesi diskusi, mereka akan dapat menarik benang merah tentang bagaimana tantangan-tantangan tersebut dapat di minimalisasi, tentunya untuk mencapai hasil akhir yang lebih baik.

Dok. J&J

Dengan dilakukannya edukasi pencegahan SSI secara berkesinambungan dan merata di Indonesia, diharapkan para tenaga ahli kesehatan mendapatkan pengetahuan yang maksimal dan semakin sadar akan pentingnya prosedur pembedahan mulai dari pre – intra dan post guna mengurangi faktor risiko terjadinya SSI. Selain itu, juga dengan memaksimalkan rangkaian kegiatan yang dilakukan terkait pencegahan SSI, diharapkan angka kejadian SSI di Indonesia dapat terus menurun, sehingga tidak lagi menjadi salah satu isu kesehatan di Indonesia.

Hadir pada acara ini  Costy Panjaitan, CVRM, SKM, MARS selaku Konsultan Infection Prevention Control; Ammar Widitaputra, S. Farm, Apt, selaku anggota komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUD Dr. Soetomo Surabaya; dan Ns Purnomo, S. Kep selaku perawat kamar bedah perwakilan HIPKABI. Pada kesempatan yang sama, hadir juga Maureen Spencer, M. Ed, BSN, RN yang merupakan seorang infection preventionist lebih dari 30 tahun dan dewan dari Certified in Infection Control (CIC) juga turut hadir sebagai salah satu narasumber.

Acara yang diselenggarakan pada Kamis, (11/10) ini bertempat di Grand Mercure Kemayoran, Jakarta. Hadir pada saat itu sekitar 100 orang tenaga kesehatan, yang merupakan dokter dan perawat khusus pengendalian infeksi, kepala sterilisasi, kepala ruang operasi dan beberapa bagian lainnya yang berhubungan dengan program pengendalian infeksisehingga diharapkan dapat mendukung langsung program pencegahan SSI melalui fasilitas mereka masing-masing.

Keywords: , ,
[contact-form-7 404 "Not Found"]