× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Sampah Asian Games Capai 436.90 ton

By Redaksi
Dok. Inasgoc

Jakarta – Majalahcsr. Kemeriahan suatu acara bertaraf apapun pasti akan meninggalkan jejak, yaitu sampah. Demikian pula ajang Asian Games 2018 yang baru saja berakhir, timbunan sampah di Jakarta mencapai 436.90 ton hingga tanggal 27 Agustus 2018.

Banyaknya sampah tentunya menjadi perhatian tersendiri oleh pemerintah sesuai dengan pelaksanaan program Less Waste More Games. Harapannya Asian Games kali ini menjadi satu ajang pertandingan olahraga yang besar dan dikenal secara internasional yang berwawasan lingkungan dan memperhatikan sampah.

Bahkan panitia resmi Indonesia untuk Asian Games (INASGOC) dan pemerintah daerah di tiap-tiap lokasi penyelenggaraan pertandingan terus melakukan pengurangan dan pennaganan sampah dan limbah yang dihasilkan.

“Saya apresiasi INASGOC dan tim kebersihan karena sudah memperhatikan bagaimana pengelolaan sampah dan limbah yang ada di Asian Games 2018.” kata Direktur Jenderal PSLB3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rosa Vivien Ratnawati dalam konferensi pers di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (28/08).

Untuk memperlancar pelaksanaan program, panitia juga berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam penanganan masalah sampah ini. Direktur Venue & Environment Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Teuku Arlan Perkasa Lukman menjelaskan, konsep pengurangan sampah ke penonton sangat penting untuk membentuk perilaku yang ramah lingkungan.

“Kami berkordinasi dengan KLHK dan para ahli atau konsultan untuk memberikan ide penanganan sampah di Asian Games. Tentu saja dukungan dari masyarakat sangat penting untuk menjaga sekitar lingkungan venue dan menyukseskan ajang Asian Games ini,” ujar Arlan seperti yang dikutip oleh Swa.co.id, Rabu (29/8).

Upacara pembukaan Asian Games 2018 menghasilkan 46.31 ton sampah dan dipilah menjadi tiga kategori. Ketika kejuaraan dimulai, sebanyak 436,90 ton sampah dihasilkan hanya di area Gelora Bung Karno saja. Sebanyak 58,62 ton adalah sampah yang bisa didaur ulang, lalu 31,13 ton kertas, dan 347,15 ton dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir.

Untuk menjaga kebersihan, Panitia Pelaksana juga mengerahkan sekitar 1.600 petugas kebersihan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khusus untuk cabang olahraga di provinsi tersebut.

 

 

 

[contact-form-7 404 "Not Found"]