× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Produk UKM Papua akan Segera Online

By Redaksi
Dok. BLANJA.com

Jakarta – Majalahcsr. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah terbukti dapat bertahan dari goncangan ekonomi. Contohnya krisis 1998 lalu, kemudian tahun 2015 dengan perlambatan ekonomi UMKM juga jadi pelaku utama pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan porsi dari 59 juta pelaku usaha, 99 persen adalah pelaku UMKM pada tahun 2016.

Namun semakin berkembangnya teknologi membuat para pelaku UKM harus mampu memanfaatkan kanal digital untuk merambah pasar yang lebih luas. Melihat situasi tersebut, Bank Negara Indonesia (BNI) bekerjasama dengan BLANJA.com, dan Pemerintah Daerah mengadakan pelatihan pemasaran online terhadap para pelaku UKM yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) Papua selama bulan Agustus hingga September dengan marketplace BLANJA.com.

CEO BLANJA.com Aulia E. Marinto mengatakan bahwa untuk memasuki dunia online, UKM tak hanya menyiapkan barang atau produk yang berkualitas. “Tetapi juga harus memiliki mental yang kuat untuk bisa bersaing sehingga tidak hanya sekedar menjadi seorang penjual online tetapi bisa menjadi pebisnis online,” ujarnya dalam keterangan resmi selasa (26/9)

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya sinergi BUMN mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai “The Digital Energy of Asia” dengan melaksanakan pendampingan UKM di beberapa lokasi di Indonesia bersama BLANJA.com. Setidaknya ada 4 kabupaten di Papua yang sudah dijangkau dan dionlinekan melalui platform BLANJA.com, diantaranya Kabupaten Biak, Fak Fak, dan terakhir Jayapura. Dari ke-3 daerah tersebut, sudah ada kurang lebih 200 UKM lokal yang siap Go Online.

UKM di Papua memiliki produk yang sangat beragam seperti berbagai aksesoris dan hiasan berbahan baku lokal, bahan makanan dan minuman, peralatan rumah tangga serta produk pertanian. Sedangkan untuk produk asal Papua yang paling banyak diminati oleh pelanggan di BLANJA.com adalah produk kerajinan seperti tas yang terbuat dari kelapa atau kulit pohon.

Dok. bisnis.liputan6.com

Mengusung tagline “#BLANJAJemputUKM” untuk roadshow ini, BLANJA.com berharap UKM Papua bisa #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia khususnya produk Papua agar semakin dikenal secara Nasional maupun global. Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia.

BLANJA.com juga memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Para UKM binaan RKB Papua pun antusias ikut mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar bisa bersaing.

Tak hanya itu, saat ini BLANJA.com sedang dalam tahap menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional.

[contact-form-7 404 "Not Found"]