× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Perusahaan Lokal Jangan Kalah Dengan Perusahaan Multinasional Untuk Praktik Bisnis Berkelanjutan

By Redaksi
Dok. Gege

Jakarta – Majalahcsr. Praktek bisnis berkelanjutan banyak digaungkan, baik oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun pemerintah. Tujuannya adalah membuat praktek bisnis yang baik dan ikut berdampak pada masyarakat sekitarnya.

Beberapa waktu yang lalu, Sustainable Business Awards (SBA) digelar dengan menggunakan kerangka komprehensif yang menilai tindakan bisnis di sepuluh kategori. Kerangka kerja ini telah dikembangkan bekerjasama dengan para pemangku kepentingan serta para ahli global terkemuka dan sepenuhnya konsisten dengan praktik terbaik internasional.

Majalahcsr.id berkesempatan mewawancarai CEO Global Initiatives, Tony Gourlay. Kenapa Tony tetap menggelar SBA di Indonesia yang sudah memasuki tahun ke-5? Berikut petikannya ;

Ini adalah kali ke lima Sustainability Business Awards (SBA) di Indonesia. Kenapa Indonesia?

Pertama kami menyelenggarakan SBA di Indonesia pada 2012 setelah berdiskusi dengan beberapa orang yang duduk di pemerintahan di Indonesia. Tujuannya adalah untuk mendorong perusahaan di Indonesia agar berperan dalam pembangunan yang berkelanjutan. Kemudian semenjak itu dalam beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan yang ikut serta dan persaingan semakin ketat dan kualitasnya semakin baik.

Apakah Anda optimis kepada perusahaan di Indonesia untuk menjalankan praktik berkelanjutan?

Tentu saja saya optimis, banyak hal yang harus dilakukan. Tantangannya adalah, praktik bisnis berkelanjutan ini semakin besar dan kompleks, terutama pada perusahaan yang hari ini mendapatkan penghargaan, sehingga bisa menjadi contoh bagi yang lain, dan menarik perhatian perusahaan lain agar melakukan hal yang sama.

Pemenang hari ini berasal dari perusahaan multinasional. Apakah ada rencana agar perusahaan lokal juga bisa terlibat?

Tentu saja. Prosesnya sangat komprehensif, tapi kami selalu mengajak perusahaan lokal misalnya malam ini adalah Pertamina dan perusahaan lainnya. Tapi rumitnya adalah lebih banyak perusahaan multinasional yang melaksanakan hal ini lebih lama dan lebih berkembang dari perusahaan lokal. Itu tantangannya.

Apa keuntungan terbesar bagi perusahaan yang mengikuti SBA ini?

Saya rasa nama perusahaannya yang melakukan praktik sustainability menjadi baik. Selain itu, proses untuk melakukan praktik ini adalah yang terbaik karena mencakup area yang luas, juga membantu perusahaan untuk fokus melakukan praktik sustainability dalam bisnisnya.

Redaksi

[contact-form-7 404 "Not Found"]