× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Perjuangan KEHATI untuk Alam Indonesia

By Redaksi
Dok. aoi.ngo

Yayasan KEHATI dikenal memperjuangkan lingkungan. Kenapa? Agar ekosistem terus terjaga dan keanekaragaman hayati tidak hilang. Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI, M.S. Sembiring beberapa saat lalu memberikan gambaran mengenai peran dari KEHATI termasuk berkomentar mengenai kualitas udara saat ini.

Berikut petikannya ;

Apa peran KEHATI terhadap lingkungan?

Kehati berperan penting dalam mengajak semua masyarakat untuk melindungi, mendukung keanekaragaman hayati, karena itu penting untuk kehidupan.

Kehati tidak pernah bekerja sendiri, tapi mengajak semua pihak memperkuat  semua lembaga swadaya masyarakat terutama dikelompok masyarakat didaerah, kami perkuat dengan memberikan bantuan baik berupa dana maupun technical know how-nya.

Apa saja yang sudah dilakukan KEHATI?

Terutama kita bekerja dalam tiga bidang landscape, yaitu hutan, pertanian, pesisir dan pulau-pulau kecil. Sebagai gambaran, kita mengkonservasi hutan Sumatera dan hutan Kalimantan.

Dari mana proses dan pendanaannya?

Pendanaan dilakukan melalui penggalangan berbagai sumber daya dan dana terkait dengan pendanaan-pendanaan yang kreatif yang dinamakan debt for nature swap. Artinya hal ini menjadikan utang Indonesia ke Amerika dikurangi, lalu dikembalikan ke Indonesia melalui KEHATI, lalu disalurkan untuk konservasi hutan Sumatera dan Kalimantan.

Dok. Gege

Bagaimana posisi Indeks SRI-KEHATI saat ini?

Tidak hanya sekarang, setelah 9 tahun Indeks SRI-KEHATI, kinerjanya selalu konsisten, 15% lebih baik daripada indikator-indikator bursa yang ada, misalnya LQ45, IHSG, JII. SRI-KEHATI selalu out performe atau lebih baik dari indeks yang lain.

Mengenai kualitas udara saat ini?

Kita prihatin karena keadaan kita semakin buruk. Tapi kita optimis karena pemerintah sudah berkomitmen sudah berkomitmen mengurangi gas emisi rumah kaca sebesar 29% dari keadaan sekarang sampai tahun 2030. Itu hal positif yang patut kita dukung.

[contact-form-7 404 "Not Found"]