× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Perempuan-perempuan Dalam Karya

By Redaksi
Dok. LIPI

Jakarta – Majalahcsr. Tidak bisa dipungkiri bahwa peran perempuan dalam berbagai bidang sudah banyak. Meskipun perempuan akrab dengan urusan rumah tangga, namun perempuan juga mempunyai hak untuk bisa berprestasi seperti halnya laki-laki.

Untuk memenuhi komitmen pemerintah dalam pelaksanaan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs)pemerintah memandang perlu adanya penyelerasan dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Dalam website Setkab.go.id disebutkan, berdasarkan pertimbangan tersebut pada 4 Juli 2017, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden, Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / SDGs. Di dalam SDGs disebutkan mengenai kesetaraan gender, yang memastikan bahwa perempuan mempunyai hak yang sama dengan laki-laki dalam semua hal.

Pada 8 Maret lalu diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day). Perayaan global untuk pencapaian para perempuan sedunia dalam berbagai bidang ini telah dimulai sejak 1977.

Dalam websitenya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terus mendorong para perempuan menjadi agen perubahan bagi dunia ilmu pengetahuan dan riset di Indonesia. Saat ini terdapat 779 peneliti perempuan yang tersebar di satuan kerja LIPI di seluruh Indonesia.

“LlPI selalu mendorong peneliti perempuan untuk meningkatkan kompetensi mereka,” jelas Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati di Diskusi Publik Peringatan Hari Perempuan Internasional 2018 “Perempuan dalam Transformasi Iptek” di Jakarta, Kamis (8/3).

Menurut Enny, para peneliti perempuan LIPI didorong untuk menonjolkan bidang kepakaran yang unik di jejaring ilmiah dunia. Hal ini menurutnya untuk membuktikan kemampuan peneliti dan memberi motivasi perempuan Indonesia untuk berkarya.

[contact-form-7 404 "Not Found"]