× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Pemberdayaan Masyarakat untuk Tingkatkan Taraf Hidup

By Redaksi

Jakarta – Majalahcsr. Sebagai negara berkembang, ternyata Indonesia masih menyimpan 66% orang dewasa yang masih belum mempunyai buku tabungan. Tentunya hal ini turut menjadi penyumbang jarangnya orang tersebut menabung. Setidaknya menabung secara aman dan mempunyai keuntungan dari tempat menabung tadi.

Salah satu bank yang fokus pada pemberdayaan masyarakat adalah Bank BTPN. Perseroan memfokuskan diri untuk melayani dan memberdayakan masyarakat terutama dari segmen masyarakat berpendapatan rendah, yang terdiri dari para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta komunitas prasejahtera produktif.

BTPN meyakini bahwa nasabah tidak hanya membutuhkan akses kepada pembiayaan untuk meningkatkan taraf hidup. Selain membutuhkan akses, masyarakat juga membutuhkan pelatihan dan pendampingan di bidang usaha dan kesehatan agar dapat memiliki kehidupan yang lebih baik.

Melihat hal ini BTPN bergerak untuk mendekatkan diri ke masyarakat. Dengan merekrut relawan yang notabene hidup di daerah yang sama atau dinamakan sahabat Daya. Program ini mengajak untuk berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas mass market Indonesia dalam bidang kesehatan dan ekonomi.

Dalam bidang kesehatan misalnya Daya Sehat Sejahtera (DSS) untuk mendorong pola hidup sehat bagi seluruh nasabah BTPN. Kegiatan yang dilakukan adalah Informasi Kesehatan bagi Nasabah dan anggota keluarganya dan Konsultasi Kesehatan dan pemeriksaan gratis oleh tenaga medis.

BTPN juga memberi kesempatan kepada nasabah untuk dapat terlibat sebagai tenaga kesehatan dalam Program Kader Kesehatan. Untuk menjadi Kader Kesehatan, nasabah harus melalui tahapan seleksi dan pelatihan keterampilan serta pengetahuan dasar pemeriksaan kesehatan.

Untuk pengembangan usaha BTPN mempunyai Daya Tumbuh Usaha (DTU) untuk memumpuk dan memperkuat keinginan masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Kegiatannya berupa pelatihan praktis wirausaha dengan modul-modul pelatihan dan pengembangan usaha, pelatihan di bidang manajemen keuangan, pemasaran, organisasi dan sumber daya manusia, serta pelatihan pengembangan soft skill.

Layanan informasi dan jaringan usaha dan peluang usaha baru. Peluang bagi nasabah mass market melalui usaha waralaba-mikro (Micro Business Franchise) yang bekerjasama dengan Mitra BTPN.

Perhatian BTPN juga terlihat melalui Daya Tumbuh Komunitas (DTK). Tenaga-tenaga ahli dalam bidang pembinaan komunitas disiapkan agar kegiatan berjalan secara efektif dan efisien.

Aktivitasnya berupa pembentukan komunitas, peningkatan kapasitas produksi, hingga membuka akses pasar yang lebih luas bagi usaha mereka. Dari sisi kesehatan, BTPN mengajak keluarga prasejahtera untuk menjalani pola hidup bersih dan sehat melalui kegiatan promotif dan preventif yang dilakukan oleh Kader Kesehatan.

[contact-form-7 404 "Not Found"]