× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Gasing untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

By Redaksi
Ketua Pengurus YPA-MDR Arietta Adrianti (kanan) bersama Prof. Yohanes Surya, Ph.D (kiri) saat prosesi serah terima peserta Program Gasing yang diwakili oleh Aam Aminah, S.Pd.SD. (kedua kanan), Guru SDN Pabangbon 1, Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor dan Elbert Tagu (kedua kiri), siswa SDN Buraen 1, Kec. Amarasi Selatan, Kab. Kupang, yang diselenggarakan senin, (6/3).

Jakarta – MajalahCSR. Guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia melalui penciptakan Sekolah Unggul sekaligus membentuk generasi unggul di sekolah masing-masing daerah,  dikembangkan Program Gasing (Gampang, Asik dan Menyenangkan).  Program yang direncanakan digelar sejak bulan Maret hingga bulan Mei 2017 mendatang ini adalah kerjasama antara Yayasan Pendidikan Astra (YDA-MDR) dan Prof. Yohanes Surya, Ph.D.

Pembukaan kerjasama pengembangan Program Gasing tersebut dilakukan pada senin (6/3) dan dihadiri oleh Pemerintah Daerah Setempat, seluruh Kepala Dinas Pendidikan Daerah Binaan, 18 Peserta Guru SD dan 18 Siswa SD Binaan. “Keberhasilan pendidikan Indonesia tidak terlepas dari peran guru sebagai ujung tombak peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah,” begitu ditegaskan Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Bogor Dr. Yadi Mulyadi, AR, MM.

Sekretaris Pengurus YPA-MDR Kristanto melaporkan, proses seleksi peserta yang terpilih telah melalui proses seleksi dan memenuhi kriteria yang ada. Dari total 86 calon peserta yang merupakan Guru SD Binaan YPA-MDR di Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan, dan Kab. Kupang, terpilihlah 18 Guru SD Binaan yang akan menjadi Agen Perubahan di daerah asalnya dan selanjutnya guru dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah dapat untuk meningkatkan kualitas murid.

Dalam program ini masing-masing guru membawa satu murid yang memiliki kelemahan dalam bidang studi matematika dan fisika dari sekolah tempatnya mengajar sebagai pendamping guru dan juga merupakan objek praktek dari Program  Gasing.

“Kami berharap para guru kedepannya mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh tersebut di sekolahnya maupun di sekolah-sekolah lain di daerahnya. Ini adalah bagian dari kewajiban dari guru-guru utusan setelah selesai pelatihan yakni untuk melakukan pengimbasan,” tutur Ketua Pengurus YPA-MDR Arietta Adrianti.

Setelah Program Gasing secara resmi dibuka, dilakukan prosesi serah terima perwakilan guru dan siswa peserta Program Gasing secara simbolis dari YPA-MDR kepada tim Yohanes Surya. diharapkan program ini dapat mendongkrak prestasi guru dan siswa, terutama dalam bidang ilmu pasti yakni matematika dan fisika untuk tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama sehingga mereka mampu berinovasi dan bersaing di tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan di tingkat Nasional. (Wicak)

 

[contact-form-7 404 "Not Found"]