× BERITA WAWASAN GALERI RAGAM PERANTI KONSULTASI KONTAK

Emil Salim : Perusahaan Harus Terapkan Pembangunan Berkelanjutan

By Redaksi
Dok. Gege, Itank

Prof. DR. Emil Salim, seorang pakar ekonomi, lingkungan dan ekologi memaparkan bahwa proses bisnis suatu perusahaan sudah seharusnya bertanggung jawab pada segi ekonomi, sosial dan lingkungan. Sehingga dalam menjalankan pembangunan, para pelaku bisnis dapat menerapkan pembangunan yang berkelanjutan.

Bagaimana Emil Salim melihat hal ini? Majalahcsr.id berkesempatan untuk mengobrol dengan salah satu pendiri Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati) dan pernah menjabat sebagai Menteri Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup di masa Orde Baru. Berikut petikannya ;

Bagaimana keberlanjutan Pembangunan di Indonesia sekarang?

Didalam proses pembangunan sangat bergantung kepada sumber daya alam sehingga keberlanjutan dari sumber daya alam untuk membantu proses pembangunan masuk menjadi kepentingan pemerintah, masyarakat dan bangsa. Maka keberlanjutan dari sumber daya alam untuk menopang pembangunan harus tetap dipertahankan oleh semua yang terlibat dipembangunan.

Apa yang harus dilakukan perusahaan untuk pembangunan berkelanjutan?

Biasanya pembangunan hanya mementingkan ekonomi, tapi sekarang harus bertanggung jawab pada tiga hal, yaitu pembangunan ekonomi, pembangunan sosial dan pembangunan lingkungan. Jadi dalam perkembangan pembangunan yang baru ini, yang bernama Sustainable Development atau pembangunan berkelanjutan, diharapkan dari para usahawan menjalankan pembangunan sekaligus bertanggung jawab pada segi ekonomi, sosial dan lingkungan.

Dok. Nationalgeographic.co.id

Bagaimana dengan peran dari masyarakat?

Dari segi sosial peran masyarakat melihat bahwa usahawan tidak hanya bekerja satu arah, hanya dari perusahaan terhadap bisnis, tapi juga dari masyarakat terhadap bisnis. Artinya ada umpan balik supaya bisnis memahami, ada hal-hal yang tidak patut atau yang perlu dijalankan.

Salah satu hal adalah pencemaran, persampahan, kerusakan lingkungan adalah hal-hal yang masyarakat mengharap bisnis tidak melakukan. Maka ada umpan balik dai publik kepada bisnis supaya tidak merusak lingkungan, persampahan atau gangguan yang merugikan masyarakat.

Seperti apa batasan perusahaan atas dampak dari aktivitas usahanya?

Setiap perusahaan yang ingin menjalankan usaha terutama usaha besar, antara lain seperti membangun infrastruktur mempunyai pengaruh menghasilkan dampak lingkungan. Tanggung jawab dari perusahaan adalah agar dampak dari usahanya kepada lingkungan sekecil mungkin, dan dampak positif sebesar mungkin. Perusahaan harus memperhitungkan penggunaan teknologi, dampak terhadap masyarakat agar tidak dirugikan oleh pencemaran, kerusakan alam dan sebagainya.

Intinya menjalankan pola pembangunan dengan dampak kepada lingkungan sekecil mungkin.

Bentuk CSR seperti apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan?

Bergantung kepada perusahaan, apa jenis perusahaan itu. Misalnya perusahaan di bidang penyediaan air minum, botol air minum dan sebagainya, maka yang penting adalah bagaimana sumber air yang dipakainya tidak sampai habis dan merugikan masyarakat yang juga bergantung kepada mata air itu tadi. Contoh lain, kalau perusahaan menggunakan lahan, tanah, jangan sampai lahan itu dipakai sedemikian luasnya sehingga penduduk terdesak ke pinggir dan tidak bisa memanfaatkan lahan untuk keperluan dirinya.

Ringkasnya CSR mempunyai patokan, pembangunan boleh berjalan, tapi jangan sampai merugikan masyarakat dimana dia berusaha.

Dok. Merdeka.com

Apa pesan Bapak kepada perusahaan dan seluruh masyarakat Indonesia?

Kalau melakukan usaha harus diingat bahwa usahanya itu mempengaruhi lingkungan, pengaruh kepada lingkungan harus lebih besar positifnya dari pada negatifnya. Untuk itu setiap pengusaha harus berusaha agar nilai tambah dari usahanya, dari kerjanya, dari proyeknya harus melebihi nilai negatif. Agar nilai positifnya lebih dominan, lebih besar, sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Manusia itu diberi kemampuan, menggunakan tangan, akal pikiran, menggali, merusak, merubah alam. Tetapi merubah alam untuk apa dan bagaimana? Maka manusia diberikan hati, diberi kesempatan pengetahuan bahwa dia bisa merubah alam itu untuk kebaikan manusia itu sendiri.

Jadi jangan merusak alam, tapi kalaupun menggali alam adalah untuk manfaat bagi manusia sehingga nilai tambah dari alam itu lebih besar dari nilai alam sebelum di rombak.

Apa harapan Bapak untuk Indonesia?

Indonesia satu-satunya Negara kepulauan yang berada di garis khatulistiwa sehingga keanekaragaman hayati Indonesia unik, tidak dijumpai di Brazil, Tanzania, maupun Negara lain di dunia. Sinar matahari terus bersinar, juga mempunyai 2 musim yang teratur. Indonesia sesungguhnya berada di surga dunia, sudah sepantasnya memelihara alam ini secara baik, jangan rusak pemberian Tuhan yang sangat melimpah.

Semua bertanggung jawab baik pemerintah, rakyat dan pengusaha. Gunakan akal yang sudah diberikan oleh Tuhan, jadikan Indonesia surga di dunia ini.

Dok. Pesonaindo.com

[contact-form-7 404 "Not Found"]